Cara Mendaftarkan Dan Submit Website Atau Blog Ke Yahoo!

Pada masanya dulu, Yahoo pernah menjadi search engine atau mesin pencari paling populer dan banyak digunakan oleh seluruh pengguna dan pengunjung web. Orang-orang dulu biasanya menggunakan mesin pencarian Yahoo untuk mencari informasi dan memang dulu mesin pencarian Yahoo berada di posisi paling atas dari berbagai mesin pencarian lainnya.

Meski saat ini Yahoo search engine tak sekokoh dulu lagi dengan hadirnya berbagai mesin pencarian lain, terutama munculnya Google yang menjadi search engine unggulan para pengguna dunia maya saat ini, tetap saja masih ada banyak kalangan yang menggunakan Yahoo untuk mencari informasi, membaca berita, atau menjelajahi website dan blog baru yang terindek di mesin tersebut.

Jadi bagi kamu yang ingin meningkatkan visibilitas atau tingkat kemunculan web dan blog pada mesin pencarian tertentu kita harus mendaftarkannya ke serach engine tersebut dan melakukan submit situs yang kita ingin indek. Sekarang yang jadi pertanyaan, bagaimana cara melakukan submit web atau blog pada mesin pencarian Yahoo?

Jawaban yang paling sederhana dari pertanyaan tersebut adalah kita memang bisa submit blog ke Yahoo namun tidak secara langsung karena memang ada sebuah alasan yang besar di balik ini semua, yakni search engine milik Google.

Kenapa Google? Alasan besar tersebut muncul pasca pengembangan pada mesin pencari Google yang menyebabkan popularitas mesin pencarian Yahoo sedikit demi sedikit mulai memudar. Setelah rentang beberapa saat berjalan pasca kemunculan pesaingnya tersebut, Yahoo menyadari jika pengguna mesin pencariannya turun begitu drastis.

Di sisi lain, mesin pencarian yang cukup populer milik Microsoft, Bing, mengalami kesulitan dalam meraih pangsa pasar untuk mesin pencari. Pada akhirnya, di tahun 2008 mesin pencari Yahoo dan Bing menjadi satu. Nah, semenjak saat itulah Bing memainkan peran yang penting dalam pengaturan mesin pencarian Yahoo, mengingat setiap pengindeksan situs dan blog yang ingin kamu masukan ke Yahoo search engine haruslah memasukan situsmu terlebih dahulu ke Bing search engine. Dan Yahoo sendiri tak menerima ataupun mengindeks web atau blog apapun langsung dalam mesin pencariannya.

Untuk alasan semacam itulah, banyak blogger atau webmaster yang ingin mengetahui cara dalam melakukan submit blog blog ke Yahoo agar terindeks mesin pencarinya. Pada artikel ini sendiri kami akan menunjukkan bagaimana caranya blogmu dapat terindek pada mesin pencarian Yahoo melalui Bing. Selengkapnya langsung saja simak tutorial submit blog ke Yahoo di bawah ini.

Submit Blog Ke Mesin Pencarian Yahoo

  • Tahap pertama, kunjungi masuk ke halaman submit Yahoo dan kamu akan diarahkan ke halaman submisi Yahoo.
  • Tahap kedua, klik “submit your site for free” seperti gambar di atas, setelah itu secara otomatis kamu akan diarahkan ke situs Bing webmaster.
  • Pada halaman utama Bing, scroll ke bawah hingga menemukan opsi submit your site atau langsung klik link tersebut.
  • Masukan alamat blog atau web yang ingin di indek lalu submit, seperti tampak di bawah ini.

Dengan cara ini maka blog atau web kalian akan terindek mesin pencari secara umum pada halaman homepage atau laman utamanya dan untuk management tingkat lebih lanjut tidak akan tersedia. Untuk memiliki fitur management lebih lanjut, kalian harus mendaftarkan situs melalui Bing webmaster agar dapat dipantau secara berkala visibilitasnya pada mesin pencarian Yahoo.

Submit Blog ke Yahoo Melalui Bing Webmaster

Untuk melakukan manajemen yang lebih pada website di mesin pencarian Yahoo , kamu harus melakukan submit blog ke Bing webmaster tool, tahapannya bisa diikuti seperti langkah di bawah ini.

  • Tahap pertama, bagi yang sudah memiliki akan Bing, kamu bisa langsung ke halaman utama Bing webmaster dengan sign in terlebih dulu. Namun, bagi yang pelum mempunyai akun Bing, kamu bisa melakukan sign up dari halaman utama Bing dan lakukan proses pendaftaran.
  • Tahap kedua, setelah berhasil masuk ke dashboard webmaster Bing, klik Add a site yang terdapat di bagian tengah halaman seperti di gambar untuk menambahkan blog atau web. Tulis alamat URL blog atau web, skip saja sitemap submission jika kamu belum punya untuk saat ini.
  • Tahap ketiga, untuk mendapatkan laporan traffic dari mesin pencarian Bing secara keseluruhan pilih All Day (Default) yang ada pada menu dropdown.
  • Langkah terakhir, klik Add dan selamat kini blog atau web kamu telah terindek. Bing akan meminta kamu lakukan verifikasi blog (tidak akan kami jelaskan pada artikel ini). Dan selamat sekarang blog kamu sudah dapat dimanage dan dipantau secara penuh pada mesin pencarian Yahoo.

Nah, seperti itulah caranya melakukan submit atau mendaftarkan blog dan web ke Yahoo. Hasilnya kamu akan mendapati situsmu akan terindeks dan meningkatkan visibilitas pada kedua mesin pencarian, baik Bing dan Yahoo. Tak ada salahnya bukan meningkatkan pengunjung dari kedua pengguna mesin pencarian populer tersebut.

1 comments:

terima kasih, sangat bermanfaat artikelnya :)