5 Aplikasi Android dan iOS Terbaik Untuk Edit Foto dan Gambar

Jika kamu menginginkan berbagai foto yang kamu ambil dengan kamera smartphonemu terlihat lebih hidup dan seolah-olah bernyawa, maka kamu membutuhkan aplikasi edit foto atau gambar yang tepat untuk itu. Aplikasi edit foto yang tersedia untuk Android dan iOS akan mampu mempermudah kamu dalam mengubah ukuran, menyesuaikan, mengganti mood yang ada pada foto dengan berbagai filter menarik, menghilangkan atau memperbaiki cacat dan tidak sesuai, memperindah gambar dengan bingkai yang indah, dan menambahkan caption agar gambar lebih bermakna.

Dan ketika semua itu telah siap, membagikan hasil editan ke berbagai social media favorit kamu akan bisa dengan mudah dilakukan hanya dengan beberapa tap saja. Nah, lalu apa saja aplikasi Android dan iOS terbaik untuk edit foto? Cek beberapa pilihan yang telah GilaGadget rangkum dalam lima aplikasi foto editing terbaik berikut ini, yang tentunya bisa kamu coba pada koleksi fotomu sendiri.

Pixlr

Pixlr merupakan salah satu editor foto gratis dengan lebih dari dua juta kombinasi efek, lapisan, dan tak ketinggalan filter. Aplikasi edit foto ini memungkinkan kamu untuk membuat campuran dengan berbagai jenis pilihan layout, latar belakang, dan ruang, ataupun menentukan balance warna yang tepat dengan Auto Fix.

Beberapa foto dapat dijadikan dalam satu layer atau lapisan dan mengkombinasikannya untuk mendapatkan tampilan yang unik menggunakan Double Exposure. Gambar dapat dipercantik tampilannya dengan berbagai efek style seperti efek pensil warna, ink sketches, poster, dan berbagai gaya lain yang tersedia. Aplikasi ini juga memiliki tool sederhana untuk menghilangkan bitnik ataupun red-eyes yang menggangu, serta untuk memutihkan gigi.

Mood foto atau gambar juga dapat disesuaikan menggunakan lapisan dengan memperkuat tone, mengubah tampilannya jadi lebih sejuk, ataupun dengan menambah kesan realis. Fotomu juga dapat ditambahkan dengan captions ataupun penambahan berbagai style tulisan. Hasil editan fotomu tersebut dapat langsung kamu bagikan kesemua temanmu di berbagai social media seperti IG, FB, atau Twitter.

Unduh untuk Android atau iOS

Snapseed

Snapseed merupakan sebuah foto editor lengkap dan professional besutan Google yang memiliki fitur 24 tool dan filter. Dengan kemapuan seperti itu, salah satu aplikasi terbaik untuk edit foto ini mampu dengan baik membuka dan meningkatkan tampilan jepretan kamera bawaan, seperti menyesuaikan tingkat exposure dan warna secara otomatis maupun manual, crop, merotasi, transform, melakukan sentuhan ulang pada exposure, saturasi, pencahayaan.

Teknologi Control Point memungkinkan kamu untuk meletakkan hingga 8 titik pada gambar dan memberikannya sentuhan yang berbeda pada mereka. Kamu juga dapat menambahkan berbagai efek semisal hiasan, teks, blur, glow, ataupun meningkatkan detail dengan selektif pada shadoe, midtone, dan highlight.

Fungsi HDR Scape di sini dapat membuat berbagai efek multiple exposure, dan juga Drama, Vintage, serta masih banyak lagi pilihan. Snapseed juga memiliki 23 frame atau bingkai dengan ukuran yang dapat disesuaikan.

Unduh untuk Android atau iOS

Adobe Photoshop Lightroom

Adobe Lightroom didukung oleh teknologi Adobe Photoshop dan memungkinkan kamu untuk membuat dan berbagi foto berkualitas profesional langsung dari smartphone atau tablet kamu. Salah satu aplikasi terbaik edit foto ini memiliki aplikasi kamera bawaan untuk membuat gambar dengan berbagai pilihan alat-alat mulai dari yang sederhana hanya dengan satu tap preset yang tersedia ataupun untuk berbagai penyesuaian lanjutan yang lebih detail.

Foto yang diambil dengan aplikasi bawaan akan berbentuk file DNG, yang memungkinkan kamu untuk memanfaatkan lima kelebihan yang deprogram secara khusus mengambil gambar preset, yang dapat dilihat secara pratinjau dan diterapkan pada gambar yang diambil dan disesuaikan lagi setelahnya.

Lightroom memiliki fitur import gambar, mengedit dan melakukan sync pada foto mentah yang diambil dengan kameramu, dan Local Adjustment yang memungkinkan kamu untuk secara selektif menerapkan exposure, kecerahan, kejernihan, dan berbagai penyesuaian ke bagian tertentu dari sebuah foto. Aplikasi edit foto ini membuat kamu lebih bebas dalam mengedit foto, ataupun mengembalikannya seperti semula kapan saja, hanya dengan satu tap. Hasilnya juga bisa bisa kamu share ke berbagai social media favoritmu.

Unduh untuk Android atau iOS

Filterstorm Neue

Filterstorm Neue menawarkan foto editing dengan tool polesan yang beraneka ragam dan filter pre-made. Kamu bisa menggunakan curve dan memolesnya, dan menikmati efek foto bawaan aplikasi ini. Gambar iPhone kamu dapat diedit dengan kualitas full size dengan fitur undo sebanyak 10 kali. Gambar-gambar hasil editanmu dapat di export ke berbagai media player, aplikasi lain, semisal Twitter dan Instagram memlalui system berbagi bawaan. Aplikasi ini uga mampu membuka file foto RAW.

Unduh untuk iOS

Enlight

Enlight merupakan salah satu aplikasi terbaik iOS untuk foto editing yang komprehensif dan berkualitas tinggi. Aplikasi iOS ini memiliki fitur yang lengkap dan mampu dengan baik mengontrol tone, warna, dan detail, bersamaan dengan berbagai polesan bawaan yang ada pada tool untuk memberimu efek campuran tanpa celah.

Aplikasi foto editor ini memungkinkanmu untuk membuat ulang berbagai style mulai dari classic camera dan film-film jadul (vintage), menyegarkan warna dengan two tone gradient, atau menambahkan bercak-bercak cahaya untuk kesan retro yang kental. Kamu juga dapat menambahkan sentuhan artistik ke foto hita-putihmu dengan menggunakan film intensity, grain dan juga fade. Terlebih lagi, aplikasi ini juga membuatmu bisa menggambar, menulis, atau membuat doodle secara langsung pada gambarmu, sama baiknya dengan menambahkan tanda atau special efek, teks, border, dan frame.

Photo Mixer pada aplikasi ini mampu melapisi dua foto untuk menghasilkan efek double exposure, membuat foto mosaic dengan hasil surealis yang mengesankan, dan dengan sempurna menggabungkan foto dengan berbagai mode campuran. Tool Clone atau Heal memungkinkan penghapusan noda atau bercak pada foto dengan halus.

Sementara itu Power Tools mampu menggembungkan, menyusutkan, atau melakukan reshape pada object tertentu, menggunakan linear, efek mirror, dan pilihan radiant tilt-shift, menerapkan multi-channel curves untuk mengatur tone pada gambar, serta menggunakan polesan yang banyak digunakan untuk mengatur berbagai efek tersebut dengan pas.

Unduh untuk iOS