5 Aplikasi Android Terbaik Untuk Merekam Layar

Screen recording app atau aplikasi perekam layar merupakan salah satu aplikasi wajib para gamer yang ingin mengabadikan sesi gaming mereka, membuat video tutorial atau walkthrough sebuah game, para developer yang ingin memperkenalkan aplikasi mereka saat berjalan, atau hanya sekedar iseng ingin memamerkan live wallpaper ataupun Android launcher yang kece. Selain itu, kegiatan lain yang sering diabadikan dengan screen recorder adalah video chatting dengan orang terdekat yang disayangi untuk dapat diputar kembali nantinya sebagai rasa pengobat rindu karena jarak dan waktu.

Ada banyak sekali situasi seperti yang telah disebutkan di atas dimana aplikasi screen recording ini dapat membantu banyak dalam hal tersebut. Nah, pada kesempatan kali ini, GilaGadget akan memberikan 5 refrensi screen recorder terbaik untuk Android yang bisa kamu coba sendiri dan tentukan mana pilihan yang cocok untukmu. Let’s find out guys!

Mobizen Screen Recorder

Salah satu aplikasi terbaik untuk perekam layar datang dari sebuah aplikasi yang bernama Mobizen. Aplikasi Android ini bisa kamu dapatkan dengan gratis dan memungkinkan kamu untuk merekam serta mengedit video rekaman dari layarmu. Aplikasi ini mendukung resolusi antara 240p hingga 1080p pada 60FPS lebih, bersamaan dengan input dari kamera depan selagi kamu membuat rekaman layarmu.

Untuk penggunaan editing, kamu dapat menambahkan music background, melakukan trim dan split pada rekaman, memasukkan video lain, dan melakukan extract frame. Bisa dianggap fitur dasar memang, tapi aplikasi ini paling tidak mampu melakukan berbagai hal yang kamu butuhkan untuk merekam layarmu.

Unduh untuk Android

Telecine

Dengan menggunakan Telecine, kamu dapat menangkap dan merekam video langsung dari layar smarphonemu dengan kualitas resolusi penuh. Aplikasi ini memang tidak memiliki control yang terdapat pada layar notifikasi status bar, namun lebih hanya sebuah aplikasi yang diakses dan setelah itu diminimize.

Lapisan aplikasi akan muncul pada layar dan memungkinkan kamu untuk merekam ketika kamu mulai, dan lapisan navigasi ini akan menghilang saat sedang merekam. Untuk menghentikannya, tinggal tekan area dimana terakhir lapisan navigasi tersebut menghilang sebelum digunakan.

Unduh untuk Android

REC Screen Recorder HD

Aplikasi perekam layar selanjutnya adalah REC Screen Recorder. Salah satu aplikasi terbaik untuk Android ini mampu menangani rekaman layar dan suara dari smartphone kamu hingga lebih dari satu jam, dengan merekam suaranya langsung dari microfone bawaan. Semua kendali dan pilihan dapat diakses dengan mudah didalam aplikasi tersebut dan kamu dapat menyesuaikan sesi rekamanmu dengan kebutuhanmu. Pengaturanmu dapat kamu simpan sebagai preset sehingga kamu tidak perlu lagi mengulangi pengaturannya setiap kali kamu ingin merekam layar.

Aplikasi perekam layar Android ini memiliki timer countdown yang dikustomisasi secara penuh sehingga bisa membuatmu merekam layar dengan begitu baik. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menghentikan sesi rekamanmu lebih awal dari waktu yang telah ditentukan dengan du acara yang begitu simple, yakni dengan mengguncangkan smartphonemu atau dengan menekan tombol power.

Unduh untuk Android

AZ Screen Recorder

AZ Screen Recorder termasuk salah satu aplikasi perekam layar yang membawa berbagai keunggulan, seperti tak adanya batasan waktu, tak ada batasan watermark, tatap muka yang bebas dari iklan, dan satu lagi yang paling penting yakni mudah digunakan. Aplikasi perekam layar ini mampu merekam layar dengan kualitas video HD hingga FullHD, serta bisa dipause dan resume ketika sedang merekam.

Kamu juga bisa merekam suara dari mic bawaan yang secara otomatis terkonfigurasi dengan aplikasi ini. Floating window akan selalu tampak untuk memastikan kamu bisa kapan saja merekam saat moment yang pas. Dan juga, pengaturan yang memungkinkan pendeteksi sentuhan sehingga orang yang menonton videomu akan tahu apa yang sedang kamu sentuh atau lakukan, hal ini sangat penting bukan dalam video tutorial.

Ditambah lagi, kamu bisa merekam mwajahmu dan ekspresi saat rekaman berjalan pada jendela kecil yang ditampilkan di layar yang dapat dipindahkan posisinya, dirubah ukurannya, dan diatur tingkat opasitasnya secara bebas sesuai keinginan. Tak ketinggalan ada fitur countdown timer, menggambar langsung di layar, dan pilihan untuk melakukan trim video.

Unduh untuk Android

GameDuck

Aplikasi perekam layar terbaik yang terakhir ditujukan untuk para gamer yang ingin merekam kegiatan gamingnya, Gameduck memungkinkan mereka untuk mengunggah video, termasuk rekaman dari kamera depan, dan juga rekaman suara sekaligus.

Selain itu, melalui Gameduck community, kamu akan menemukan berbagai game balapan, RPG, dan kasual yang tengah trend saat ini. Kamu bisa mempelajari berbagai hal tentang game baru serta trik bermainnya, membagikan pendapatmu dan ketertarikanmu, memposting rekaman gameplay yang kamu mainkan, dan menikmati berbagai post yang teman-teman komunitasmu siapkan.

Unduh untuk Android