10 Fitness Tracker Terbaik 2017 Yang Layak Dimiliki

Jika anda memutuskan untuk membentuk badan di tahun yang baru ini, atau anda hanya ingin pola hidupmu lebih sehat saja, atau bahkan ingin menjadikan kegiatan berolahragamu lebih maksimal, apapun itu, tentunya kebugaranlah yang menjadi kuncinya.

Untuk memulainya, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih jenis latihan harian yang akan dilakukan secara berkala, telitilah mana jenis latihan yang tepat, otot mana yang ingin dibangun, dan berapa jumlah kalori yang ingin dibakar dalam setiap latihan. Ketika semua sudah, menentukan tujuan dari seberapa efektif latihanmu perlu dilakukan, dan untuk membantumu melakukannya, anda memerlukan logbook atau detail catatan dari progress latihan yang anda lakukan.

Yap, memang benar. Fitness tracker bisa menjadi alat bantu untuk memantau dan menganalisa seberapa efektif laihan yang anda jalani. Tapi tentu kebutuhan setiap individu berbeda, dan lalu fitness tracker atau smartwatch mana yang cocok untuk anda?

Sebenarnya ada berbagai factor yang perlu dipertimbangkan untuk memilih fitness tracker yang tepat, mulai dari fungsionalitas, bentuk, daya tahan baterai, sensor, layar, tampilan atau desain, dan berbagai hal lainnya. Memilih smartwatch yang tepat sering kali sangat erat dengan pengalam saat menggunakannya yang sesuai dengan preferensi masing-masing, mengingat jenis yang tersedia di pasaran begitu banyak.

Meski begitu, dari sekian banyak fitness tracker yang tersedia tersebut, ada beberapa pilihan smartwatch terbaik yang patut dipertimbangkan jika anda ingin membeli fitness tracker atau gelang pintar ini, terlepas anda hanya seorang pemakai biasa atau memang olahragawan professional, kami telah merangkumnya dalam daftar berikut.

Samsung Gear Fit2

gelang pintar terbaik Samsung Gear Fit2

Dengan hadirnya Fit2, Samsung kelihatannya sedang mencoba keras untuk memposisikan dirinya dalam jajaran kelas atas pembuat fitness tracker, dan sepertinya berjalan mulus. Salah satu smartband terbaik besutan Samsung ini tampil dengan bentuk stylish dan lengkap dengan berbagai fitur pendukung, semisal GPS, pemantau detak jantung, bahkan dilengkapi kapasitas penyimpanan untuk music.

Walaupun begitu, ada beberapa point di mana Fit2 terasa kurang, daya tahan baterai yang relatif kurang baik dan kekurangan display yang tidak memiliki kemampuan untuk menyala terus. Smartband terbaik ini berjalan dengan system operasi Samsung Tizen, yang tidak didukung secara luas oleh para pengembang, tapi Fit2 milik Samsung ini memiliki beberapa aplikasi yang bagus, termasuk salah satunya aplikasi bawaan Spotify.

DukunganAndroid dan iOS
Ukuran gelang S: 4,9 – 6,7 inci | L: 6,1-8.2 inci
Daya tahanHingga 4 hari
Tahan air IP68
KELEBIHANKEKURANGAN
Fitur pemantau denyut jantung Daya tahan baterai pendek
Dukungan pemutar musikAplikasi minim
Tampilan menarik

Misfit Shine 2

gelang pintar terbaik Misfit Shine 2

Menyandang nama produsennya, Shine 2 memang benar-benar terlihat sebagai salah satu smartband terbaik yang paling aneh, dengan tak memiliki layar. Misfit lebih memilih untuk menanamkan 12 LED di bagian depan finess tracker ini, yang dapat memberitahu anda waktu dan menunjukan progress latihan yang dijalani atau berbagai notifikasi lainnya.

Bagian muka dari gelang pintar ini juga merupakan capacitive touchscreen, yang memungkinkan penggunanya untuk mengontrol musik yang sedang dimainkan di smartphonenya, bersamaan dengan beberapa perangkat pintar rumah lainnya. Gelang pintar ini menawarkan hampir semua kebutuhan dasar dari sebuah fitness tracker, tapi sayangnya perangkat ini tak memilki sensor denyut jantung.

DukunganAndroid dan iOS
Ukuran gelang Hingga 7,2 inci
Daya tahanHingga 6 bulan (baterai coin dapat diganti ulang)
Tahan air5 ATM
KELEBIHANKEKURANGAN
Sangat ringan Tampilan sedikit aneh bagi sebagian orang
Daya tahan baterai bagus
Tahan air

Garmin vívofit 3

gelang pintar terbaik Garmin vívofit 3

Dibandingkan dengan para pesaingnya yang serius, vivofit 3 sekedar menawarkan pengalaman tracking yang mendasar, tapi mungkin hal itulah yang diinginkan konsumen jika melihat harga yang dipatok untuk gelang pintar ini. Dengan harga yang lebih terjangkau, gelang pintar ini dapat melakukan tugasnya dengan cukup baik, dengan memangkas ukuran layar menjadi lebih mungil, yang mungkin saja menyulitkan untuk membacanya.

Hal yang paling menarik mengenai vivofit 3 ini bukanlah tentang fitur yang dibawanya, namun lebih pada tampilannya. Produsennya sengaja menawarkan berbagai gelang band stylish, yang secara eksklusif menyasar pangsa pasar para pengguna wanita.

DukunganAndroid dan iOS
Ukuran gelang Sedang: 5,4 – 7,7 inci | XL: 6,5 – 8,9 inci
Daya tahanHingga 1 tahun (Baterai coin dapat diganti ulang)
Tahan air5 ATM
KELEBIHANKEKURANGAN
Tahan air Kurangnya fitur terkini
Memiliki pilihan gelang yang stylishGelang bawaan kurang begitu bagus
Daya tahan baterai mumpuni
Beeper

Polar Loop 2

gelang pintar terbaik Polar Loop 2

Jika A360 merupakan gelang pintar besutan Polar untuk berada di jajaran atas tracker, sementara itu Loop 2 merupakan gelang pintar yang lebih sederhana, baik secara tampilan ataupun fitur yang dimiliki.

Meski sederhana, gelang pintar ini memiliki semua fitur dasar, dan juga terintegrasi dengan aplikasi Flow besutan Polar. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk memantau aktifitas dan pola tidurnya. Desain gelang band ini sengaja dibuat tidak terlalu menonjol, bukan dengan layar namun hanya dengan beberapa lampu LED.

DukunganAndroid dan iOS
Ukuran gelang 5,7 – 9,4 inci
Daya tahanHingga 8 hari
Tahan airWR20
KELEBIHANKEKURANGAN
Desain yang simple Beberapa fitur terkini tak ada
Tahan air

Moov NOW

gelang pintar terbaik Moov NOW

Satu-satunya gelang pintar yang ada dalam daftar fitness terbaik kami yang didesain untuk berjalan secara berpasangan, Moov Now, memberikan pengertian baru akan sebuah sport tracker. Tracker ini ditujukan tak hanya untuk menunjukan para penggunanya tentang latihan mereka, namun juga melatih penggunanya secara real time mengenai bentuk perubahannya.Aplikasi Moov telah dikonfigurasikan secara pabrikan dengan berbagai mode olahraga berbeda dan menganalisa perkembangan penggunanya untuk memberikan penggunanya feedback yang membangun.

Gelang pintar ini sendiri hadir dengan tampilan seperti yang ada dalam film fiksi ilmiah, dengan desain yang kuat, tanpa adanya layar dan hanya memiliki sebuah tombol. Meski didesain berpasangan, gelang pintar ini masih dapat digunakan walau hanya sebuah saja, tetap dengan menyediakan kebutuhan dasar sebuah fitness tracker.

DukunganAndroid dan iOS
Ukuran gelang S: 8,9 inci | L: 12,8 inci
Daya tahanHingga 6 bulan (baterai coin dapat diganti ulang)
Tahan air1 ATM
KELEBIHANKEKURANGAN
Tahan air Beberapa statistic tidak cukup detail
Memiliki fungsionalitas coaching terkini
Terasa ringan

Misfit Ray

gelang pintar terbaik Misfit Ray

Sebagai sebuah fashion statement dan perangkat pintar, Mifit Ray pastinya tidak akan mengecewakan kedua aspek tersebut. Body yang terbuat dari stainless steel silinder dibingkai sebagus layaknya Shine 2, namun dengan tampilan yang kelihatan lebih stylish. Sayangnya hal ini berarti juga menggantikan LED 12 warna dengan hanya sebuah LED. Secara otomatis, fungsionalitas penunjuk waktu juga dihilangkan, akan tetapi produk ini tetap layak mengingat Ray kemungkinan hanya satu-satunya gelang pintar yang tersedia di pasaran.

DukunganAndroid dan iOS
Ukuran gelang Hingga 7,2 inci
Daya tahanHingga 4 bulan (baterai coin dapat diganti ulang)
Tahan air5 ATM
KELEBIHANKEKURANGAN
Daya tahan baterai bagus Tidak adanya penunjuk waktu
Tahan air
Desain visual mengesankan

Garmin vívoactive HR

gelang pintar terbaik Garmin vívoactive HR

Beberapa pihak mungkin bisa mengatakan jika gelang pintar ini terlalu pintar untuk bisa dibilang hanya untuk sebuah fitness tracker, vivoactive HR menjadi yang pertama dan pelopor sebuah perangkat yang berorientasi untuk olahraga. Gelang pintar ini menawarkan aplikasi yang secara khusus menyasar olahraga tertentu, dan sebagai bonus tambahannya, perangkat ini tidak mengharuskan anda melakukan pair pada smartphone saat melakukannya.

Meski begitu, saat perangkat ini dipasangkan dengan smartphone, dia menawarkan kemampuan pelatihan bagi penggunanya, secara berkala akan memberikan penggunanya tips tentang latihan yang mereka jalani berdasarkan kinerja mereka.

Fitness tracker ini juga cocok digunakan untuk para perenang dalam memberikan informasi mengenai jarak yang dicapai, jenis serta jumlah jarak interval yang dilakukan dan sebagainya, tapi sayangnya sensor denyut jantung tidak dapat bekerja di bawah air. Aplikasi store bawaan juga dapat memungkinkan penggunanya untuk mengunduh berbagai pilihan aplikasi dan tampilan muka jam, yang membuat perangkat dengan layar lebar berwarna ini lebih terlihat menarik.

DukunganAndroid dan iOS
Ukuran gelang Sedang: 5,4 to 7,7 inci | XL: 6,4 - 8.9 inci
Daya tahanHingga 8 hari (GPS non-aktif), Hingga 13 jam (GPS aktif)
Tahan air5 ATM
KELEBIHANKEKURANGAN
Memiliki GPS Fitur coaching memerlukan perangkat terhubung dengan smartphone
Memiliki aplikasi sport khusus
Pemantau denyut jantung secara berkala

Fitbit Surge

gelang pintar terbaik Fitbit Surge

Di jajaran kelas atas gelang pintar yang ditawarkan oleh brand kenamaan di lini tersebut, ada Fitbit Surge yang masuk ke dalam jajaran untuk alasan yang jelas tentunya. Perangkat ini menawarkan salah satu paket terlengkap yang kaya fitur, dan juga dukungan dari pihak pertama dan ketiga yang cukup bagus. Gelang pintar ini sendiri nampak lebih besar untuk sebuah gelang tracker, tapi masih tetap terlihat apik.

Gelang pintar ini juga merupakan salah satu dari sekian banyak band yang dibekali dengan GPS, tapi jangan berharap untuk mendapatkan baterai yang tahan lama saat fitur tersebut diaktifkan, mengingat Fitbit hanya akan bertahan kurang lebih selama 10 jam dengan GPS aktif. Sentuhan lain yang terdapat pada gelang pintar ini yakni pengenal latihan otomatis dan pemantau pola tidur.

DukunganAndroid, iOS, dan Windows
Ukuran gelang S: 5,5 – 6,3 inci | L: 6,3 – 7,8 inci | XL: 7,8 – 8,9 inci
Daya tahanHingga 7 hari (GPS non-aktif), Hingga 10 jam (GPS aktif)
Tahan air5 ATM
KELEBIHANKEKURANGAN
Dapat mengenali aktifitas Tidak cocok untuk berenang
Memiliki GPS
Pemantau denyut jantung berkala
Didukung dengan luas oleh aplikasi pihak ketiga

Polar A360

gelang pintar terbaik Polar A360

Melalui A360, sebagai produsen Polar mencoba mempercayakan apa yang diinginkan penggunanya yakni lebih dari sekedar sebuah penghitung data sederhana. Sejalan dengan hal tersebut, gelang pintar ini juga termasuk “smart coach”, di mana mereka akan memberikan panduan dan tujuan latihan untuk setiap kegiatan latihan apapun itu.

Gelang pintar ini memiliki lebih dari seribu profile olahraga, termasuk program lari khusus, yang dirancang untuk melatih penggunanya sesuai dengan keutuhan dan tingkat fitalitasnya. Tapi di sisi lain, aplikasi besutan Polar, Flow, terlihat terlalu simple jika dibandingkan dengan para pesaingnya sehingga untuk mendapatkan hasil data yang maksimal dari A360 anda perlu secara berkala melakukan sinkronisasi pada perangkat PC.

DukunganAndroid dan iOS
Ukuran gelang S: 5,1 – 6,7 inci | M: 5,9 – 7,9 inci | L: 6,5 – 8,8 inci
Daya tahanHingga 14 hari
Tahan airWR30
KELEBIHANKEKURANGAN
Pemantau detak jantung berkala Hanya tahan percikan air
Daya tahan baterai mumpuni Tak ada GPS
Didukung dengan banyak sport profil

Fitbit Charge 2

gelang pintar terbaik Fitbit Charge 2

Fitbit Charge 2 nampaknya mencoba untuk mengemas fitur dari gelang pintar Surge dalam sebuah paket yang lebih compact dengan tetap mempertahankan rasa perangkat high-end-nya. Beberapa fitur dihilangkan semisal GPS dan beberapa sensor yang jarang terpakai, dan tentunya dengan daya tahan baterai yang lebih lama, sementara untuk yang lainnya hamper sama dengan Surge.

Gelang pintar ini menggunakan software yang sama pula seperti yang digunakan pada Surge, yang berarti aka nada pendeteksi aktifitas otomatis, mode multi-sport, dan pemantau pola tidur. Sensor denyut jantung masih dibenamkan pada perangkat ini, dan gelang pintar ini dapat mengaktifkan “breathing session” selama seharian untuk mengingatkan penggunanya agar istirahat sejenak.

DukunganAndroi, iOS, dan Windows
Ukuran gelang S: 5,5 – 6,7 inci | L: 6,7 – 8,1 | XL: 8,1 – 9,3 inci
Daya tahanHingga 5 hari
Tahan airSplashproof (hanya tahan percikan air)
KELEBIHANKEKURANGAN
Pemantau denyut jantung berkala Tak ada GPS, tapi dapat dipasangkan dengan perangkat yang support
Mengenali jenis aktifitas Tidak cocok untuk berenang
Didukung dengan luas oleh aplikasi pihak ketiga